Jumat, 05 Juni 2009

Siemens mengembangkan robot

DUBLIN - Siemens Irlandia mengembangkan robot dalam bentuk perahu layar yang disebut Autonomous Sailboat (AS). Rencananya AS akan segera diuji coba pekan depan.

Siemens mungkin lebih sering terkenal sebagai produsen ponsel dan perangkat elektronik lainnya. Namun nyatanya, perusahaan teknologi ini juga tertarik dalam merakit robot.

Bekerja sama dengan University College Dublin (UCD), Siemens merancang AS yang dilengkapi sensor yang memungkinkan perangkat ini bisa bergerak kemanapun tanpa dikontrol manusia.

Sensor yang ditanamkan berfungsi untuk memonitor kondisi dan menghindari rintangan. Selain itu, AS juga dilengkapi dengan komputer on-board untuk menganalisa keadaan di sekitarnya agar perahu layar ini bisa menemukan jalur optimal untuk ditempuh. Dengan begitu, AS bisa melakukan perjalanan dengan lancar. Demikian keterangan yang dikutip dari IrishTime.com, Jumat (5/6/2009).

"Saya yakin ke depannya berbagai industri akan terus berlomba-lomba mengembangkan berbagai teknologi yang bersifat otomatis dan bisa bergerak sendiri seperti robot," kata Michael O?Connor, Marketing Manager Siemens Irlandia.

Proyek robot AS ini mengharuskan UCD menemukan cara untuk mengoperasikan perahu dengan sumber energi terbarukan.

?Teknologi penangkap energi sangat penting. Robot ini kami kembangkan dengan tenaga angin dan solar untuk mengontrol agar AS tidak kehabisan energi," Dr David Fitzpatrick, Kepala UCD.
"Saya yakin proyek ini akan sangat diterima dan bermanfaat bagi kalangan industri," tandasnya. (srn)

0 komentar: